Senin, 01 Oktober 2012

Ruang Podjok Ber-BKSN


Mengisi kegiatan bulan September 2012 yang ditetapkan sebagai Bulan Kitab Suci Nasional, anggota keluarga Ruang Podjok mengadakan kegiatan pertemuan BKSN sebanyak 3 kali. Pertemuan ini dimulai pada tanggal 31 Agustus 2012. Pertemuan itu diadakan sebagai pembuka, sekaligus pendasaran kegiatan BKSN bulan September. Dalam pertemuan tersebut, penjaga pojok mengajak anggota keluarga Ruang Podjok untuk mendalami mukjizat Tuhan dalam Kitab Suci. Bahan yang dipakai dalam pertemuan tersebut adalah buku tulisan Romo V. Indra Sanjaya yang berjudul Menyaksikan Mukjizat Tuhan, Gagasan Pendukung & Pertemuan Lingkungan Bulan Kitab Suci Nasional 2012 dan diterbitkan oleh Jakarta-Semarang: Lembaga Biblika Indonesia & Pelayanan Kerasulan Kitab Suci Keuskupan Agung Semarang tahun 2012. Materi tersebut telah dipaparkan dalam postingan berjudul Ketika Ku Percaya, Mukjizat itu Nyata.” Di akhir pendasaran materi itu, diputarkan film animasi “Miracle of Jesus” dari NEST Ententainment yang diproduksi tahun 1989. Ternyata, ruangan yang dipakai untuk memutar film tidak begitu mendukung karena pencahayaan terlalu terang. Sudah dicoba berbagai cara untuk mengatasinya tetapi ya tetap terang juga. Wong namanya ya siang hari mau bagaimana lagi. Ya semoga besok-besok dapat lebih diperhitungkan.

Dua mInggu berikutnya, ada pertemuan BKSN lagi karena minggu sebelumnya dipakai untuk kegiatan bersama dengan siswa-siswi Kristen. Dalam pertemuan BKSN yang kedua, anggota keluarga Ruang Podjok diajak untuk mendalami berbagai mukjizat yang tertulis dalam Kitab Suci. Saat itu, anggota yang datang dibagi dalam empat kelompok. Masing-masing kelompok diajak untuk melihat dan membaca satu Injil. Ada yang mendapat Injil Matius, Markus, Lukas, maupun Yohanes. Mereka kemudian diajak mencermati ada berapa mukjizat dalam Injil tersebut. Dari keempat Injil yang dicermati, yang paling mendapatkan kesulitan adalah kelompok yang mendapat Injil Yohanes. Merekalah yang terakhir menyelesaikan pekerjaan tersebut. Injil Yohanes memang Injil yang istimewa. Setelah menemukan mukjizat-mukjizat, masing-masing kelompok membaca dan membagikan hasil pekerjaan mereka kepada semua yang hadir. 

Seminggu berikutnya, pertemuan BKSN ada lagi. Kali ini, pertemuan dilakukan untuk mendalami contoh-contoh mukjizat yang ditawarkan oleh buku panduan BKSN tahun ini, yaitu Mat 9:1-18; Mrk 5:1-20, Luk 7:11-17, dan Yoh 2:1-11. Aktivitas dilakukan lewat dinamika kelompok lagi. Masing-masing kelompok diberi satu perikop dan diminta berdiskusi mengenal hal-hal berikut:
1.     Siapa sajakah tokoh yang ada dalam perikop tersebut dan apa yang dilakukan oleh masing-masing tokoh?
2.    Apa reaksi yang terjadi atas tindakan Yesus?
3.    Mukjizat yang dikisahkan tersebut termasuk jenis mukjizat apa?
4.   Apa yang bisa kita pelajari dari perikop tersebut?
Setiap kelompok pun menjawab dengan caranya sendiri. Bahkan, ada yang memberi jawaban “WOW” dalam pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. 

Dengan aktivitas ini, terselip harapan agar anggota keluarga Ruang Podjok semakin rajin bersentuhan dengan sabda Tuhan dalam Kitab Suci. Selain itu, dengan memperkenalkan cara-cara mendalami Kitab Suci, diharapkan anggota keluarga Ruang Podjok semakin berani mendalami Kitab Suci dengan caranya sendiri-sendiri. Ya... syukur tahun ini Ruang Podjok sudah mulai ber-BKSN. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar