Selasa, 01 Oktober 2019

Diutus Melampaui Garis Batas

Menyambut penetapan Bulan Misi Luar Biasa, pada bulan Februari 2019 yang lalu, Biro Nasional Karya Kepausan Indonesia dan Komisi Karya Misioner Konferensi Waligereja Indonesia mengadakan Sayembara Penulisan Sharing Misi. Sharing Misi yang sudah diseleksi akan dimasukkan dalam Buku Renungan Bulan Misi Luar Biasa yang akan diterbitkan menjelang bulan Oktober. Iseng-iseng, Penjaga Podjok ikut mengirimkan tulisannya sebelum batas waktu yang ditentukan.
Satu bulan... dua bulan... tidak ada kabar mengenai hasil Sayembara itu. Penjaga Podjok sudah tidak pernah berpikir lagi mengenai tulisan yang dikirimkan. Dalam benaknya, tulisan yang sudah dihasilkan dan sudah dikirmkan barangkali tidak memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh panitia.
Kejutan terjadi pada bulan Agustus 2019. Pertengahan bulan Agustus, Penjaga Podjok mengecek inbox email yang sudah lama tidak disentuh. Maksud hati ingin membersihkan dari email yang tidak digunakan. Pagi itu, mata Penjaga Podjok terpaku pada sebuah alamat e-mail yang asing.  Email itu dikirim sekitar akhir bulan Juli. Alamat e-mail asing itu kemudian dibuka dan muncullah kiriman semacam ini:

Ytk. Bapak/Ibu/Saudara Peserta Sayembara Kisah Misioner,

Terima kasih atas partisipasi Bapak/Ibu/Saudara telah mengirimkan kisah misioner untuk mengikuti Sayembara Kisah Misioner yang diadakan oleh Karya Kepausan Indonesia (KKI) dan Komisi Karya Misioner Konferensi Waligereja Indonesia (KKM KWI).

Dengan ini kami ingin memberitahukan bahwa naskah-naskah terbaik telah dipilih dan akan dibukukan dalam waktu dekat. Untuk pengumuman nama-nama penulis beserta judul naskah bisa dilihat di link berikut ini:

https://karyakepausanindonesia.org/2019/07/24/3968/

Untuk pengiriman piagam penghargaan dan buku, mohon untuk memberikan alamat lengkap beserta no telepon yang dapat dihubungi. 

Demikianlah informasi yang ingin kami sampaikan, semoga semangat misi tetap berkobar dan dapat dibagikan kepada sesama di sekitar kita.

Salam misioner,
Biro Nasional Karya Kepausan Indonesia
www.karyakepausanindonesia.org

Melihat informasi itu, Penjaga Podjok lalu membuka link yang ditautkan dan keluarlah informasi sebagai berikut:


Puji Tuhan... tulisan Penjaga Podjok menjadi salah satu tulisan yang diterbitkan. Ada banyak tulisan yang turut diterbitkan. Dan inilah buku yang diterbitkan untuk kepentingan Bulan Misi Luar Biasa itu:


Dalam buku itu, Penjaga Podjok membagikan pengalaman bermisi di sekolah negeri sebagai Guru Agama Katolik dalam tulisan berjudul "Diutus Melampaui Garis Batas." Terima kasih kepada Panitia Bulan Misi Luar Biasa Biro Nasional Karya Kepausan Indonesia dan Komisi Karya Misioner Konferensi Waligereja Indonesia yang telah memberi kesempatan kepada Penjaga Podjok untuk sedikit berkontribusi... Semoga Gereja selalu hidup karena kegiatan misi yang dilakukan sepanjang segala zaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar